1301174411_IF-41-01_PTI_TUGAS3

Soal

  1. Jelaskan jenis- jenis data beserta contohnya!
  2. Jelaskan beberapa teknik visualisasi data yang anda ketahui !   (minimal 3)

Jawab

1. Jenis- Jenis data :

Menurut SifatNya :

– Data Kualitatif  (qualitative data)

Data kualitatif adalah data yang tidak berbentuk angka, data mengenai penggolongan dalam relasinya terhadap kualitas atau sifat yang ada pada sesuatu. Penggolongan fakultas-fakultas pada universitas negeri menjadi fakulta exacta dan fakultas non exacta merupakan pemisahan menurut sifatnya. Penggolongan data mahasiswa yang ada pada fakultas yang menggunakan SKS kedalam penilaian studi dengan poin A, B, C, D didasarkan pada pemisahan sifat-sifat kualitatifnya. Contoh lain adalah penggunaan istilah white American dan black American(negro) dalam sensus di Amerika Serikat adalah suatu penggolongan sensus secara kualitatif, atau contoh yang lainnya : Kuesioner Pertanyaan tentang suasana kerja, kualitas pelayanan sebuah rumah sakit atau gaya kepemimpinan, dll.

– Data Kuantitatif (quantitative data)

Data kuantitatif adalah data yang berbentuk angka, data mengenai penggolongan dalam hubungannya dengan penjumlahan. Jika jumlah universitas negeri di Indonesia dibagi dalam 2 golongan maka yang lain kurang dari 5000 orang. lni merupakan penggolongan kuantitatif,  atau contoh yang lainnya : harga saham, besarnya pendapatan, dll.

Menurut SumberNya :

– Data Internal (Internal data)

Data Internal adalah data yang asli, artinya data sebagai hasil penelitian yang dilakukan sendiri, bukan data hasil yang dibuat oleh  orang lain. Contoh : suatu perusahaan, jumlah karyawannya, jumlah modalnya, atau jumlah produksinya, dll.

– Data Eksternal (external data)

Data eksternal adalah data yang di dapat dari hasil penelitian orang lain. Seseorang boleh saja menggunakan data untuk suatu keperluan, meskipun data tersebut hasil kerja orang lain. Contoh : daya beli masyarakat mempengaruhi hasil penjualan suatu perusahaan.

Data eksternal ini terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu :

–  Data Eksternal Primer (primary external data)

Data eksternal Primer adalah data dalam bentuk ucapan kata-kata atau tulisan dari orang yang memiliki data itu sendiri, yakni orang yang melakukan penelitian sendiri. Contohnya : Pemberian kuisioner langsung oleh peneliti ke responden, seperti saat seminar langsung.

–  Data Eksternal Sekunder (secondary eksternal data)

data eksternal sekunder adalah data yang di dapat bukan dari orang lain yang melakukan penelitian,  melainkan melalui seseorang atau beberapa orang lain. Contoh : Data dokumentasi dan arsip-arsip resmi.

Menurut Waktu PengumpulanNya :

– Data cross section, yaitu data yang dikumpulkan pada suatu waktu tertentu (at a point of time) untuk menggambarkan keadaan dan kegiatan pada waktu tersebut. Misalnya; data penelitian yang menggunakan kuesioner.

– Data berkala (time series data), yaitu data yang dikumpulkan dari waktu ke waktu untuk melihat perkembangan suatu kejadian/kegiatan selama periode tersebut. Misalnya, perkembangan uang beredar, harga 9 macam bahan pokok penduduk.

2. Teknik Visualisasi

Teknik visualisasi adalah konversi data ke dalam format visual atau tabel sehingga karakteristik dari data dan relasi di antara item data atau atribut dapat dianalisis dan dilaporkan. Teknik visualisasi memudahkan manusia untuk menangkap konsep dari data yang ditampilkan karena pada dasarnya manusia lebih mudah mengartikan sebuah gambar daripada teks yang menjelaskan tentang makna gambar tersebut.

  • Titik, Garis, atau Batang dalam Grafik

Grafik garis (yang menghubungkan titik-titik). Grafik garis menunjukkan hubungan di poin-poin (berupa titik) data Anda. Posisi titik-titik dihitung oleh suatu algoritma tata letak yang rumit yang memunkinkan kita untuk segera melihat struktur dalam suatu jaringan. Trik dari visualisasi menggunakan grafik garis pada umumnya adalah untuk menemukan cara bagus untuk membuat model dari jaringannya sendiri. Tidak semua dataset telah memiliki penjelasan hubungan-hubungan dan bahkan jika ada sekalipun, mungkin bukanlah aspek yang paling menarik untuk dilihat. Terkadang, tergantung wartawannya apakah ia bisa melihat hubungan antar titik. Contoh bagus adalah Grafik Sosial Senat AS, di mana hubungannya mengkaitkan senator-senator yang memberi suara yang sama pada lebih dari 65 persen total suara.

Tabel sangat ampuh ketika Anda berurusan dengan jumlah data yang relatif kecil. Mereka menunjukkan label dan jumlah dengan cara terstruktur dan rapi dan bisa mencapai potensi maksimumnya ketika dikombinasikan dengan kemampuan memilah dan menyaring data. Edward Tufte merekomendasikan memasukkan grafik kecil-kecil di dalam kolom tabel, misalnya satu grafik batang untuk setiap baris atau grafik garis kecil (juga dikenal sebagai “sparkline”). Tapi sebagaimana disebut di bagian pengantar tabel memiliki keterbatasan. Tabel cocok untuk menunjukkan faktor satu dimensi seperti top 10, tapi mereka lemah dalam hal membandingkan dimensi beragam sekaligus (misalnya populasi setiap negara selama beberapa waktu).

Grafik, pada umumnya, memungkinkan Anda untuk memetakan dimensi pada data menjadi properti visual berbentuk geometris. Telah banyak tulisan yang membahas efektivitas dari properti visual terpisah, dan singkat kata: warna sulit dicerna, tapi posisi adalah segalanya. Dalam suatu “scatterplot” (grafik x-y dengan bintik bintik tersebar di bidangnya) misalnya, dua dimensi dipetakan dalam bidang x- dan y-. Anda bahkan bisa menunjukkan dimensi ketiga dengan warna atau ukuran berbeda dari simbol-simbol yang telah terpampang. Grafik garis khususnya cocok untuk menunjukkan evolusi temporal, semental grafik batang bagus sekali untuk membanding data dengan kategori tertentu. Anda bisa menumpuk elemen grafik di atas yang lain. Jika Anda ingin membandingkan sejumlah kecil kelompok di data Anda, menunjukkan contoh-contoh beragam di grafik yang sama bisa menjadi cara ampuh (juga disebut sebagai “small multiples”). Dalam semua grafik Anda bisa menggunakan skala yang berbeda untuk mempelajari aspek-aspek yang berbeda di data Anda (linear atau skala logaritma).

Sumber :

http://www.pengertianahli.com/2013/11/pengertian-data-dan-jenis-data.html

http://ganyuda.blogspot.co.id/2016/10/pengertian-data-dan-jenis-data-beserta.html

www.ayoksinau.com/klasifikasi-data-menurut-jenis-sifat-dan-sumber-data-lengkap/

www.jaring.id/id/handbook/memahami-data/memanfaatkan-visualisasi-data-untuk-memahami-data/

http://thesis.binus.ac.id/doc/Bab2/2010-1-00279-IF%20Bab%202.pdf

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *